Program Diploma 3 (D3) Humas Kampus Batang berhasil meluluskan 3 mahasiswanya lulus tepat waktu 6 (enam ) semester. Tiga mahasiswa ini merupakan lulusan pertama Prodi D3 Humas Kampus Batang, serta 3 lulusan pertama prodi dibawah naungan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU). Universitas Diponegoro memiliki  6 ( enam ) prodi PSDKU yang berada  di kabupaten Batang, kampus Undip  Kabupaten Pekalongan serta kabupaten Rembang. Seluruh kampus PSDKU kini menempati gedung barunya.

Prodi yang berada dalam naungan PSDKU Universitas Diponegoro tersebut masing masing prodi D3 Humas dan prodi D3 administrasi Pajak Kampus Batang, prodi D3 akuntansi dan D3 Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) kampus Pekalongan serta D3 Manajemen dan S1 Administrasi Publik pada PSDKU Kampus Rembang. Satu prodi lagi yakni prodi S1 Agribisnis akan menerima mahasiswa baru tahun  ini, berada di kampus Batang.Prodi S1 agribisnis juga memiliki laboratorium lapangan untuk agribisnis di kampus Bandar Kabupaten Batang.

Adapun Tiga mahasiswi D3 Humas Kampus Batang yang berhasil lulus Kamis (3/6) ini adalah Dina Hamida, Kholisatul Muna dan Sriatun, ketiganya berhasil menjawab seluruh pertanyaan ujian yang diajukan para dosen penguji pada siang ujian TA Kamis (3/6) ini secara daring melalui platform daring MS Teams.

Mahasiswi D3 Humas Batang, Dina Hamida mengajukan Tugas Akhir (TA) berjudul “Kebijakan Pimpinan Berkaitan dengan Konferensi Pers Program Pembangunan Strategis dan Unggulan Kabupaten Batang”. Kholisatul Muna mengajukan judul TA “Manajemen Protokoler Seremoni Kegiatan Bupati dan Wakil Bupati Batang” serta mahasiswa  Sriatun menulis TA berjudul “ Pemanfaatan Media Sosial sebagai Platform Komunikasi Publik Pemkab Pemalang”, ketiganya berhasil lulus dengan nilai A .

Selain menyelesaikan TA dan seluruh mata kuliah pada prodi D3 Humas, ketiganya juga sudah berhasil lulus pada uji sertifikat kompetensi Humas yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)  pada akhir tahun 2020 yang lalu. Uji Kompetensi sendiri dilakukan oleh lembaga sertifikasi profesi LSP LSPR di kampus Batang , Desember lalu.Mereka menyandang profesi sebagai professional Humas Muda (Junior PR).  Pada sertifikat profesi yang ditanda tangani Ketua LSP LSPR Deddy Irwandy ,M.Si ini, mereka dinyatakan profesioal sebagai junior Public Relations.

Menurut Ketua Prodi D3 Humas, Dr Adi Nugroho, M.Si, ketiga mahasiswa ini berarti merupakan lulusan pertama D3 Humas Kampus Batang , sejak berdiri tiga tahun lalu. D3 Humas Batang sendiri kini menempati kampus baru di Bandar, Batang, yang sudah representative selain baru juga dilengkapi semua fasilitas pendukung utama yakni free internet untuk  para mahasiswa, perpustakaan, laboratorium serta fasilitas penunjang lainnya. Mahasiswa PSDKU sendiri dapat memanfaatkan fasilitas pada semua yang ada dalam lingkup kampus utama baik di Undip Tembalang serta Undip kampus Pleburan Semarang.

Rektor Undip Prof Dr H. Yos Johan Utama, M.Hum serta Bupati Batang Dr H. Wihaji ,S.Ag, M.Pd sangat tinggi kepeduliaannya dalam mendorong kemajuan kampus kampus PSDKU, terutama di Batang, termasuk pula di Rembang dan Pekalongan. Progres pembangunan kampus baru PSDKU Batang selesai dengan cepat dikerjakan Agustus dan sudah dapat dipergunakan untuk pembelajaran serta administrasi pendidikan di awal tahun 2021 yang lalu.

Prodi prodi pada PSDKU terutama program studi D3 pengelolaan akademik nya mengacu pada ketentuan pada Sekolah Vokasi (SV) Undip, sedangkan pengelolaan prodi S1 admistrasi publik dalam koordinasi Fisip dan S1 agribisnis dalam naungan Fakultas Peternakan dan Pertanian. Selain meluluskan mahasiswanya tepat waktu Kamis (3/6) prodi D3 Humas juga telah mendapat SK Badam Akreditasi Nasional (BAN PT) SK Pemenuhan Syarat Peringkat akreditasi, yang diterbitkan BAN PT, 20 April 2021 lalu.

Selain D3 Humas SK Pemenuhan syarat peringkat akreditasi BAN PT ini juga sudah diperoleh prodi D3 Akuntansi kampus Pekalongan, D3 Manajemen Kampus Rembang dan D3 Administrasi Pajak Kampus Batang. Seluruh SK BAN PT di tanda tangani Direktur Dewan Eksekutif  BAN PT T.Basarudin. Pengelolaan PSDKU di Undip sendiri berada dibawah sebuah lembaga LPPSDKU yang diketuai Dr Redyanto Noor,M.Hum dan sekretaris Dr Eng Munadi. LPPSDKU berkantor di Gedung SA /MWA Kampus Undip Tembalang. (AN.)

id_IDIndonesian