Semarang – Laporan keuangan ialah informasi yang digunakan dalam pengambilan keputusan baik manajemen maupun investor. Pemeriksaan laporan keuangan dilakukan oleh auditor. Auditor profesional pada umumnya disebut akuntan, yang mana telah melalui tahapan pendidikan dan pengalaman tertentu.

Kantor Akuntan Publik (KAP) merupakan tempat dimana para akuntan (auditor) bernaung. KAP berkualitas dapat dilihat dari peringkat tiap tahunnya.

ShineWing Indonesia merupakan anggota dari ShineWing International. ShineWing International sendiri berada peringkat 14 Asia Pasifik dan peringkat 19 di dunia menurut International Accounting Bulletin (IAB) edisi Februari 2020. Di Indonesia, ShineWing Indonesia menaungi Kantor Akuntan Publik (KAP) Suharli, Sugiharto & Rekan, Kantor Konsultan Pajak (KKP) Hadibroto Consulting dan Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Shinewing Consulting.

CEO ShineWing Indonesia Michell Suharli memaparkan 4 (empat) points yang perlu diperhatikan sebagai akuntan. Pertama sebagai akuntan perlu memiliki integritas (integrity), dalam bekerja. Kedua sebagai akuntan harus trustworthy, yaitu akuntan diharap profesional, multitasking dan vigilance. Ketiga, akuntan perlu memelihara ethics (etika) profesinya. Keempat, akuntan diminta untuk dapat reliability, yaitu number, compliance dan analytic.

“Posisi menentukan prestasi. Itulah prinsip yang saya tanam, pada diri sendiri, karyawan atau para audien (mahasiswa). ShineWing Indonesia memposisikan diri menjadi Blue Ocean Strategy. Pun begitu pula generasi muda, harus memiliki tekad untuk menjadi akuntan handal di masa depan”, terang Michell Suharli.

Michell Suharli menambahkan, bagi generasi muda yang menekuni ilmu akuntansi jangan bingung. Masa depan profesi akuntan sangatlah cerah, akuntan dibutuhkan diberbagai tempat usaha. Baik sebagai industri perfilman, contoh Helmy Yahya, selain akuntan juga pernah menjabat direktur stasiun televisi pemerintah.

Acara yang digelar pagi ini (21/05/2021), bertempat di Gedung SA-MWA Universitas Diponegoro, menghadirkan dosen tamu untuk mata kuliah Auditing II (Daring/Online) yang diikuti oleh mahasiswa program studi D3 Akuntansi K. PSDKU Pekalongan, mahasiswa program studi lain, pihak ShineWing Indonesia dan umum lainnya.

Dalam kesempatan ini, Imam Prayogo selaku dosen matakuliah Auditing II, mengatakan bahwa lulusan prodi akuntansi khususnya D3 sekolah vokasi harus memiliki kompetensi mumpuni guna menghadapi dunia kerja nantinya. Untuk itu, pihaknya selaku pengajar berkolaborasi dengan para praktisi akuntan memberikan wawasan dan pemahaman mahasiswa melalui kuliah umum maupun kuliah tamu pada masing-masing matakuliah relevan.

Akuntan misal, perlu mendapat perhatian dari mahasiswa, karena sangat jarang yang bercita-cita menjadi seorang akuntan publik (AP) mengingat perjalanan yang panjang untuk mencapai itu. Stimulus guna memberi dorongan pada mahasiswa salah satunya kuliah langsung dengan menghadirkan praktisi melalu matakuliah auditing II ini.

“Dilihat dari dosen akuntansi, beberapa diantaranya kompeten sebagai akuntan publik (AP) dan memiliki KAP. Hal ini memunculkan harapan agar kelak tumbuh akuntan publik dari alumni prodi D3 Akuntansi PSDKU Pekalongan”, jelas Imam Prayogo selaku dosen matakuliah Auditing II.

Jika mahasiswa memiliki semangat, visi-misi kuat dalam hidupnya maka bukan tak mungkin muncul calon akuntan-akuntan publik dari prodi D3 Akuntansi PSDKU Pekalongan ini.

“Adanya dosen tamu dari ShineWing Indonesia ini, memberikan kesempatan berinteraksi langsung dengan akuntan publik. Suatu kesempatan langka dan wawasan tersendiri bagi kami mahasiswa D3 Akuntansi”, jelas Moh Adi Maulana mahasiswa D3 Akuntansi PSDKU Pekalongan.

Moh Adi Maulana menambahkan, perlunya arahan, semangat juang dan langkah riil (skill dan kompetensi) dalam menggapai mimpi (cita-cita) menjadi akuntan. Ditunjang dengan latihan (jam terbang) dalam membuat laporan keuangan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa akuntansi.

id_IDIndonesian