Program Studi DIII Perencanaan Wilayah  dan Kota K. Pekalongan  PSDKU Universitas Diponegoro bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Pekalongan telah memiliki program kerjasama, yang salah satunya berupa peningkatan kualitas dan kapasitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten Pekalongan. Demi mencapai tujuan tersebut pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020 telah dilakukan kegiatan “Pelatihan GPS Handheld dan GIS Tingkat Dasar untuk ASN Dinas PUPR Kabupaten Pekalongan”. Program tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung Dinas PUPR untuk melaksanakan berbagai program kegiatan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang.

           

Kegiatan diikuti oleh para ASN dengan antusias. Para dosen DIII-PWK K. Pekalongan PSDKU Universitas Diponegoro bertindak sebagai penyampai materi. Kegiatan dimulai dari sesi pertama yaitu pelatihan penggunaan GPS Handheld dan dilanjutkan dengan praktek lapangan pengambilan titik-titik lokasi menggunakan GPS didampingi dosen dan mahasiwa. Pada sesi kedua, titik-titik GPS akan diinput ke dalam software GIS yang sebelumnya peserta telah dibekali materi dasar GIS. Kegiatan dilanjutkan sampai dengan pelatihan digitasi untuk menghasilkan peta. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa DIII-PWK PSDKU sekaligus untuk membekali mahasiswa terjun aktif langsung ke lapangan, memberi gambaran bidang kerja setelah lulus serta rintisan membuka peluang kerja di instansi-instansi Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya penggunaan masker, sarung tangan, face shield dan hand sanitizer pada dosen, mahasiswa maupun peserta pelatihan. Pada waktu yang akan datang, kegiatan-kegiatan seperti ini akan dilakukan pada dinas / instansi lain di Kabupaten Pekalongan sebagai bentuk dukungan Program Studi DIII-Perencanaan Wilayah dan Kota PSDKU Universitas Diponegoro pada kemajuan wilayah Kabupaten Pekalongan. (brn)

id_IDIndonesian