Home / Tentang Kami / Visi & Misi

Visi & Misi

Visi:

“Menjadi lembaga terdepan dalam mendukung peningkatan akses, pemerataan, mutu, dan relevansi pendidikan tinggi di Jawa Tengah”

Misi:

Adapun misi Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro antara lain:

  1. Melaksanakan pengelolaan penyelenggaraan pendidikan di bidang ilmu eksakta dan non eksakta untuk meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas secara nasional dalam menghasilkan lulusan yang professional.
  2. Melaksanakan mutu penelitian, publikasi, hak kekayaan intelektual dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka meningkatkan potensi daerah guna mendukung pembangunan nasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya mendukung pemerataan pembangunan nasional khususnya di Jawa Tengah berdasarkan potensi masyarakat daerah.
  4. Melakukan perbaikan yang kontiyu dalam rangka peningkatan kualitas tata kelola pendidikan yang tranparan, akuntabel, dan efisien.

Nilai-Nilai:

Nilai-nilai Pendidikan Universitas Diponegoro merupakan nilai-nilai falsafah yang dikedepankan dalam penyelenggaraan pendidikan untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran strategis Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro yang meliputi:

  1. Jujur. Jujur dimaknai sebagai suatu sikap yang mencerminkan adanya kesesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan, atau teguh pada pendirian. Sikap ini sejalan dengan nilai-nilai Pangeran Diponegoro yang mengutamakan kejujuran, integritas dan keteguhan hati, tercermin dari sifat perjuangan yang anti kebatilan dan kejahatan. Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro dalam menjalankan proses belajar mengajar dan seluruh kegiatan administrasi pendukungnya harus menjalankan dengan jujur dan teguh dalam mengikuti peraturan perundangan, transparansi, serta mempunyai akuntabilitas yang tinggi.
  2. Berani. Berani dimaknai sebagai sikap yang mantap serta rasa percaya diri yang besar serta tidak takut (tidak gentar) dalam menghadapi persoalan dan kesulitan. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Pangeran Diponegoro yang mengutamakan sikap berani, memiliki pendirian teguh, pantang menyerah, dan rela berkorban. Mempunyai semangat yang tinggi, tercermin dalam tindakan, tetap tegar bersemangat untuk meneruskan cita-cita perjuangan pantang mundur, baik secara lahir maupun batin. Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro sebagai salah satu unit pda institusi pendidikan tinggi berprinsip kepada kebenaran yang dianut, harus berani bersikap dan melakukan inovasi serta menyampaikan pendapatnya di semua forum, selama diyakini benar dan sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku serta norma yang dianut.
  3. Peduli. Peduli dimaknai sebagai suatu sikap selalu mengindahkan, memperhatikan, dan menghiraukan. Hal ini sejalan dengan nilai-nilai Pangeran Diponegoro yang mengutamakan kepentingan rakyat, tercermin dalam sikapnya yang sangat bijaksana, berempati, amanah dan merakyat, bertempat tinggal di tengah-tengah rakyat dan berjuang untuk membebaskan penderitaan rakyat. Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro harus selalu mengutamakan kepentingan nasional, kepentingan umum, kepentingan rakyat didalam mengambil setiap keputusan. Berbagai upaya yang benar dilakukan untuk membantu mahasiswa berprestasi terlebih jika kurang mampu secara ekonomi. Hal ini dinatranya melalui program pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) golongan mahasiswa yang tidak mampu.
  4. Adil. Adil dimaknai dengan sikap yang tidak berat sebelah serta berpegang pada kebenaran dan tidak sewenang- wenang. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai luhur dari Pangeran Diponegoro yang patut diteladani yaitu sifat yang selalu mengutamakan kebersamaan dan keadilan bagi sesama. Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro harus menerapkan prinsip keadilan dalam memutuskan semua kebijakan serta dalam mensikapi segala persoalan yang dihadapi berdasarkan kepada prinsip-prinsip kebenaran dan peraturan perundangan yang berlaku, seperti dengan melaksanakan subsidi silang UKT antara mahasiswa golongan 1 dan 2 dengan mahasiswa golongan 3 keatas.

Tujuan Pendidikan Universitas Diponegoro:

Tujuan Strategis Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro:

  1. Meningkatkan akses pendidikan yang bermutu bagi masyarakat daerah atas kompetensi lulusan sebagai tenaga ahli dan tenaga trampil yang memiliki dasar ilmu pengetahuan, skill, dan profesionalitas dalam mendukung Pembangunan Nasional.
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan publikasi untuk memecahkan permasalahan yang yang ada di masyarakat khususnya yang berhubungan dengan potensi daerah dalam mendukung aplikasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat daerah demi kemajuan pembangunan nasional dengan melibatkan masyarakat, pemerintah/perusahaan daerah, industri, dan instansi lain.    
  4. Mengembangkan profesionalisme, kapabilitas, akuntabiltias terkait sistem tata kelola Lembaga PSDKU Universitas Diponegoro yang kredibel.

id_IDIndonesian
en_USEnglish id_IDIndonesian