Semarang – Pandemi Covid 19 yang terjadi sejak awal 2020 hingga saat ini, memberikan dampak yang signifikan bagi segala lini tak terkecuali pendidikan. Di satu sisi kualitas pendidikan dituntut untuk tidak mengalami penurunan.

ShineWing Indonesia merupakan anggota dari ShineWing International. ShineWing International sendiri berada peringkat 14 Asia Pasifik dan peringkat 19 di dunia menurut International Accounting Bulletin (IAB) edisi Februari 2020. Di Indonesia, ShineWing Indonesia menaungi Kantor Akuntan Publik (KAP) Suharli, Sugiharto & Rekan, Kantor Konsultan Pajak (KKP) Hadibroto Consulting dan Kantor Jasa Akuntansi (KJA) Shinewing Consulting.

CEO ShineWing Indonesia Michell Suharli memaparkan 3 (tiga) fokus pasar ShineWing Indonesia yang menjadi Blue Ocean Strategy. Pertama sebagai jaringan kantor akuntan dan konsultan nusantara. KAP / KKP / KJA Nusantara artinya perusahaan berkomitmen hadir di berbagai wilayah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua sebagai jaringan kantor akuntan dan konsultan poros Asia-Pasifik, yaitu kantor kelas dunia yang menjadi poros bisnis perusahaan multinasional yang berinvestasi ke negara-negara di Asia Pasifik. Untuk mencapai dua tujuan itu, ShineWing Indonesia memiliki International-desk, Koran-desk, China-desk dan Japan-desk. Ketiga sebagai jaringan kantor akuntan dan konsultan yang menjadi gerbang investasi Indonesia, baik investor asing masuk berinvestasi ke Indonesia, atau perusahaan Indonesia yang keluar berinvestasi di negara lain untuk menghasilkan devisa. ShineWing Indonesia dirancang menjadi Perusahaan Kelas Dunai, artinya memiliki jaringan, pengetahuan dan keahlian global, dengan iklim kerja internasional.

“Visi misi ShineWing ini mirip dengan Universitas Diponegoro (UNDIP). Dimana UNDIP dalam proses menuju worldclass university. Jadi, ShineWing Indonesia siap berkolaborasi dan mendukung terhadap program-program dari kampus UNDIP”, terang Michell Suharli.

Michell Suharli menambahkan, ShineWing juga mendukung program pemerintah terhadap Kampus Merdeka dan mendukung prinsip good corporate governance (GCG) yang transparansi serta akuntabel dalam proses pendidikan. ShineWing Indonesia menilai UNDIP merupakan institusi pendidikan yang mengembangkan pengetahuan global yang dapat diterapkan dalam konteks lokal. Oleh karena itu ShineWing Indonesia sangat terbuka pada mahasiswa D3/S1/Profesi Akuntan/S2 dan S3 Akuntansi dan para akademisi UNDIP yang berminat untuk melakukan penelitian ilmiah. Banyak hal yang dapat dilakukan penelitian pada saat pandemi seperti ini.  Baik dari segi ilmu akuntansi maupun di segi manajemen pendidikan (akuntansi manajemen).

Acara yang digelar sore ini (03/05/2021), bertempat di Gedung SA-MWA Universitas Diponegoro, merupakan bagian dari kegiatan Penutupan KKP (Magang Online) yang diikuti oleh mahasiswa program studi D3 Akuntansi K. PSDKU Pekalongan, mahasiswa program studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta mahasiswa program studi D3 Akuntansi Pleburan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Tak lupa hadir pula Pengelola PSDKU, Ketua Program Studi S1 Akuntansi, dosen akuntansi, dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatannya, Dr. Munadi memberikan informasi bahwa PSDKU Universitas Diponegoro saat ini ada di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Rembang. Dr. Munadi sangat berharap pengembangan mahasiswa menghasilkan talent-talent terbaik yang akan menjadi Next Leader dan dapat profesional di masa depan. Tentunya berharap banyak kerjasama dari pihak-pihak yang sejalan dengan visi-misi pendidikan khususnya Universitas Diponegoro.

“Kami berterima kasih kepada ShineWing Indonesia, yang mana telah memberikan kesempatan pada adik-adik mahasiswa D3 Akuntansi K PSDKU Pekalongan Universitas Diponegoro untuk KKP (Magang Online) disaaat pandemi ini”, lanjut Dr Munadi selaku sekretaris pengelola PSDKU UNDIP.

Di sisi lain, Agung Juliarto, mengatakan bahwa mahasiswa program studi S1 Akuntansi saat ini dihadapkan dengan program kampus merdeka. Kampus merdeka, memberi kesempatan pada mahasiswa untuk belajar di luar kampus guna mengasah softskill non akademis dan team work yang perlu disiapkan sejak dini dalam menghadapi dunia kerja profesional.

Saat menjadi mahasiswa umumnya mendengarkan ilmu dari dosen sendiri yang terkesan monoton. Hal yang menjadi kelemahan mahasiswa yang biasa disebut “jago kandang”. Adanya program kampus merdeka ini, mahasiswa dapat ilmu langsung tentang dunia kerja dari para profesional di konsultan khususnya dari ShineWing Indonesia. Bahkan beberapa hal baru didapat mahasiswa untuk menangani suatu problem akuntansi.

“Saya berterima kasih kepada ShineWing Indonesia. Alhamdulillah, program-program kami dapat terbantukan sembari menyusun agenda berikutnya dengan ShineWing Internasional”, jelas Agung Juliarto selaku Kajur S1 Akuntansi FEB UNDIP.

Pandemi covid-19 ini tidak menutup kesempatan dunia pendidikan khususnya program studi D3 Akuntansi K. PSDKU dan program studi S1 Akuntansi FEB Universitas Diponegoro untuk melakukan KKP (Magang Online). Regulasi dan kebijakan yang ada, sehingga acara dilakukan sesuai protokol kesehatan.

id_IDIndonesian