Orientasi Diponegoro Muda (ODM) 2021 diselenggarakan pada 27 Januari 2021 oleh Himpunan Mahasiswa Perintis Program Studi D3 Manajemen (HMPSMP) bersama dengan panitia pelaksana yang merupakan mahasiswa Program Studi D3 Manajemen Kampus Rembang Angkatan 2019. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ODM ini adalah untuk menyambut para mahasiswa D3 Manajemen Kampus Rembang Angkatan 2020, selain itu bertujuan pula untuk membentuk karakter diri mahasiswa baru agar sesuai dengan nilai-nilai Universitas Diponegoro serta menumbuhkan rasa cinta terhadap almamater.

Kegiatan ODM 2021 ini mengangkat tema “Menghargai Perbedaan Demi Mewujudkan Generasi yang Kritis dan Bermoral”. Para mahasiswa adalah generasi muda yang merupakan aset bangsa dan cikal bakal pemimpin di masa depan, tentunya selalu dituntut untuk mampu berpikir kritis dalam menghadapi perkembangan zaman. Tidaklah cukup hanya mampu berpikir kritis saja, di samping itu perlu juga untuk senantiasa menjunjung tinggi etika serta menghargai perbedaan. Melalui kegiatan ODM 2021 ini, para mahasiswa baru dibentuk untuk dapat lebih menghargai perbedaan agar dapat menjadi generasi yang kritis dan tetap mengutamakan moral yang baik.

Rafid Azmi Rabbani selaku Ketua Pelaksana ODM 2021 memberikan sambutan yang berisi harapan agar para mahasiswa baru dapat beradaptasi serta dapat menjalin komunikasi yang baik di antara perbedaan yang ada. Selanjutnya, Priya Kurnia Candra Kholifah yang merupakan Ketua HMPSMP, ketika memberi sambutan menyampaikan harapannya agar kegiatan ODM 2021 ini tidak berkurang esensinya meskipun terpaksa dilaksanakan secara daring. Selain itu, diharapkan pula agar para mahasiswa Angkatan 2020 senantiasa menjadi pribadi yang penuh semangat menjalani berbagai macam tantangan sebagai mahasiswa baru di era pandemi saat ini.

Ketua Program Studi D3 Manajemen Kampus Rembang, Dr. Andriyani, S.E., M.M. turut serta menghadiri acara ini. Pada sambutannya, Kaprodi memberikan motivasi dan semangat bagi panitia pelaksana serta seluruh peserta ODM 2021, lebih lanjut beliau juga menyampaikan mengenai pentingnya memiliki etika yang baik. Selain itu, Lela Lestari, S.M., M.M. selaku Pembina HMPSMP juga turut hadir, disampaikan bahwa besar harapannya melalui kegiatan ODM 2021 ini para mahasiswa baru dapat menggali banyak pengetahuan mengenai kultur Universitas Diponegoro dan kultur PSDKU Kampus Rembang melalui diskusi bersama dengan para senior dari Angkatan 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom dan berlangsung lancar sesuai dengan jadwal yang telah disusun, yaitu mulai pukul 07.45 s.d. 11.15 WIB. Guna menciptakan kesan santai dan menyenangkan, pada kegiatan ini juga disisipkan selingan berupa kuis dan terdapat pula lomba membuat video perkenalan diri. Pada akhir acara, diumumkan pemenang video terbaik dari kategori putra dan kategori putri, serta pemenang kuis. Para pemenang mendapatkan hadiah menarik yang telah dipersiapkan oleh panitia. Sebelum acara ditutup, diadakan sesi foto bersama sebagai bukti bahwa kegiatan ODM 2021 telah dilaksanakan. (LL)

id_IDIndonesian