Batang 28 Juni 2022 – Telah berlangsung kegiatan Tanam Mangrove yang bekerja sama dengan PMI Kab. Batang yang dilaksanakan di Desa Denasri Kulon pada Hari Selasa, 28 Juni 2022. Kegiatan Tanam Mangrove ini diselenggarakan oleh Bidang Abdi Masyarakat HMPS Humas Undip PSDKU dengan mengangkat Tema “Mangrove For Sea”. Kami mengangkat Tema Mangrove For Sea dalam program kerja kali ini, karena Mangrove memiliki fungsi yang berperan penting bagi lingkungan salah satunya yaitu Mangrove dapat menahan air laut agar tidak mengikis daratan pantai. Namun Tanaman Mangrove tidak hanya mencegah terjadinya abrasi, akan tetapi juga berperan penting dalam mencegah runtuhnya tanah daratan akibat ombak laut.

Tim PMI Kab. Batang mengatakan bahwa kurang lebih sudah 600 Hektar daratan yang telah dipenuhi oleh air, atau biasanya kami menyebut dengan negara air menyerang.

Kegiatan Tanam Mangrove juga dihadiri oleh Tim PMI Kab. Batang, Dinas Perikanan, Dinas Kehutanan, Koramil, dan Perangkat Desa Denasri Kulon.

Bidang Abdi Masyarakat juga mengajak mahasiswa D3 Hubungan Masyarakat PSDKU Universitas Diponegoro Kampus Batang untuk ikut serta atau berpartisipasi dalam kegiatan Tanam Mangrove. Mahasiswa yang berpartisipasi telah menanam sebanyak 70 bibit Mangrove di Pantai Desa Denasri Kulon Batang.

Kegiatan Tanam Mangrove dilaksanakan dari pukul 08.00 – 12.000 WIB. Pukul 08.00 mulai kumpul di Sekolah Mangrove (Mang EC) yang tempatnya berada di Pantai Sigandu. Setelah semuanya kumpul kita melakukan Pembukaan dan sambutan dari ketua HMPS Humas Undip, sambutan dari ketua pelaksana, dan sambutan dari Tim PMI Kab. Batang. Selain sambutan kita juga diberikan sedikit pengetahuan tentang jenis-jenis Mangrove, tempat penanaman mangrove sesuai jenis Mangrove, dan juga dijelaskan tentang kegunaan dan manfaat mangrove.

Setelah acara pembukaan sekitar pukul 09.00 perjalanan menuju lokasi penanaman yaitu di Desa Denasri Kulon, Batang. Setelah sampai di tempat penanaman di berikan arahan terlebih dahulu tentang bagaimana tata cara menanam Mangrove oleh Bapak Perangkat Desa Denasri Kulon yaitu Pak Taryoso dan Tim PMI Kab. Batang. Setelah diberikan arahan peserta di persilahkan untuk menanam mangrove hingga bibit mangrove habis. Ketika bibit mangrove telah habis tertanam, kita berkumpul dan beristirahat sambil makan dan minum yang telah disediakan. Setelah selesai makan dan minum melanjutkan acara yaitu penutupan sekitar pukul 12.00.

“Mengikuti kegiatan Tanam Mangrove ini karena ingin mengetahui lebih dalam tentang mangrove dan ingin ikut serta dalam menjaga dan mencintai lingkungan. Kesan dan pesan untuk kegiatan Tanam Mangrove, kesannya yaitu sangat seru dalam mengikuti kegiatan Tanam Mangrove selain dapat membantu dan mendapatkan banyak pelajaran atau hal baru, kita juga dapat mengetahui tentang manfaat Mangrove, Jenis Mangrove, serta tata cara penanaman Mangrove. Harapannya yaitu semoga kedepannya lebih banyak lagi kegiatan yang membantu menjaga lingkungan, karena apabila tidak dijaga maka akan mengancam kehidupan” Ucap salah satu Volunteer.

id_IDID