Pekalongan, 28 Juli 2022 – Kegiatan pengarahan Kerja Praktik (KP) telah diselenggarakan pada Kamis, 28 Juli 2022 dari pukul 08.00-10.00 WIB dengan diikuti oleh 14 peserta secara luring bertempat di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Pekalongan. Diskusi dihadiri oleh Ibu Tri Sunarni, S.T., Bapak Slamet Sukmadi, A.Md., Bapak Fajar Nugroho, S.T. serta Ibu Oktafia Rachmawati, S.T. selaku pihak perwakilan DPUPR Kab. Pekalongan, Bapak Brian Pradana, S.T., M.T., Bapak Muhammad Indra Hadi Wijaya, S.T., M.PWK. selaku pihak perwakilan dosen PTRWK, serta teman-teman mahasiswa. Acara diawali dengan perkenalan kedua belah pihak, kemudian dilanjutkan dengan serah terima teman-teman mahasiswa/i pemagang (sebanyak 9 orang) serta pengarahan teknis Kerja Praktik (KP) di DPUPR.

Pengarahan Teknis Kerja Praktek

         Pengarahan teknis Kerja Praktik (KP) diawali oleh Ibu Tri Sunarni, S.T. yang mengutarakan beberapa pendapatnya terkait kepentingan DPUPR dalam pembuatan peta pemanfaatan ruang untuk RTRW, pola ruang yang sudah ditetapkan 20 tahun kedepan sebagai kawasan peruntukan permukiman dan implementasi pemanfaatan ruang eksisting sudah terpenuhi atau belum maka dibutuhkan survey oleh teman-teman mahasiswa untuk melengkapi kebutuhan data yang terbatas dengan hasil DPUPR dapat melihat perkembangan RTRW yang sudah disusun 20 tahun kedepan seperti apa baik struktur maupun pola ruangnya. Kesulitan terkait data drainase perkotaan, drainase trotoar yang belum mempunyai masterplan. Dilanjutkan oleh Bapak Slamet Sukmadi, A.Md. kerja praktik terdiri dari pengambilan data, pengolahan data, dan melihat kesamaan data (review) dengan RTRW yang ada agar dapat digunakan sebagai database untuk perencanaan selanjutnya menjadi lebih matang dan terarah sesuai dengan tujuan pelestarian lingkungan.

Melihat karakter masyarakat Kab. Pekalongan baik secara sosial maupun ekonomi, pola ruang eksisting dan kondisi fisik, maka didapatkan pemikiran-pemikiran yang akan membuat perencanaan tata ruang menjadi lebih baik. Kerja Praktik dilakukan dengan berkelompok, beberapa orang melakukan survey dan beberapa lainnya mengolah data seterusnya secara bergantian. Saat survey lapangan dimaksimalkan kelengkapan datanya karena data yang sudah ada sebelumya pada database belum tentu sesuai dengan kondisi saat ini, lokasi survey perlu diperhatikan, survey data lapangan menyertakan tanah milik pribadi ataupun pemerintah yang dapat dijadikan acuan untuk perencanaan dan pola ruang selanjutnya untuk menghindari permasalahan tata ruang yang ada sepeti tanah bengko. Koordinasi hasil survey, data-data, kompilasi data dengan membuat kolom data bersama Pak Fajar, mengolah data, dan hasil akhir berupa gagasan dalam bentuk laporan yang bermanfaat bagi teman-teman mahasiswa/i dan Kabupaten Pekalongan. Diahkiri oleh Ibu Oktafia Rachmawati, S.T. dan Bapak Fajar Nugroho, S.T. mengutarakan pesan-pesannya kepada teman-teman mahasiswa terkait kebutuhan data spasial yang valid untuk diolah, melakukan crosscek data lapangan dan pengolahan data. (Brn)

Peserta Kerja Praktek Prodi D3 Perencanaan Tata Ruang Wilayah Dan Kota Kampus Pekalongan Undip

id_IDID