Pada hari Sabtu, (27/01), Mahasiswa KKN Tim 1 UNDIP melaksanakan program monodisiplin “Sosialisasi Aman ber-Internat”di Mts Miftahul Athfal Desa Gondosuli, Kec. Bulu, Kab. Temanggung. Pelaksanaan Sosialisasi menargetkan para remaja dengan tujuan  memberikan pemahaman bagaimana  menggunakan internet secara sehat dan aman melalui sosialisasi etika berinternet yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat, terutama remaja Desa Gondosuli.

 Penggunaan Internet sebagai saranan mempermudah kegiatan tentunya menjadi alasan utama peningkatan penggunaan internet.  Internet sanggup menghubungkan banyak perangkat di dunia untuk mendukung terjadinya pertukaran data dan informasi. Sekian dampak positif yang diberikan oleh internet tentunya tidak luput dari dampak negatif jika digunakan dengan tidak bijak dan tidak berhati-hati, terutama penggunaan internet pada remaja. Remaja memiliki sifat keingintahuan yang tinggi. Dengan adanya koneksi internet para remaja dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi. Pemakaian internet yang berlebihan dan tidak terkontrol, bisa menyebabkan kerugian pada remaja indonesia.

Penetapan tema sosialisasi tersebut berdasarkan survei terkait dari APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengenai laporan “Profil Pengguna Internet 2022”.Hasil penetrasi internet di Indonesia mencapai 77,02% pada 2021-2022. Berdasarkan usia, penetrasi tertinggi berada di kelompok usia 13-18 tahun. Hampir seluruhnya (99,16%) kelompok usia tersebut terhubung ke internet. (katadata.co.id, 2022).

Kegiatan Sosialisasi tersebut membawa 4 materi :
1.) Data Serangan Siber
2.) Jenis-jenis Siber
3.) Tips keamanan Ber Internet
4.) Rekomendasi Website Aman

Dengan adanya kegiatan ini bertujuan sebagai media edukasi kepada remaja siswa Miftahul Athfal Desa Gondosuli, Kec. Bulu, Kab. Temanggung untuk menghindari bahaya konten negatif yang ada di internet. Selain itu untuk menciptakan siswa-siswi yang cerdas dan bijak dalam mimilah dan memilih konten-konten yang diakses, sadar terhadap pentingnya internet sehat dan aman dapat menambah wawasan dan meningkatkan pemahaman penggunaan teknologi internet secara bijak (aul).

id_IDID