Ropinov Saputro, S.E., M.M., dosen Sekolah Vokasi UNDIP PSDKU, diundang menjadi anggota dewan juri dalam lomba Krenova Kabupaten Batang tahun 2024. Lomba Krenova 2024 di Batang diselenggarakan pada Kamis 16 Mei 2024 di Bapelitbang Kabupaten Batang. Krenova adalah Lomba Kreativitas dan Inovasi, yang menampung kreasi dan inovasi masyarakat Batang, yang seleksinya dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga tingkat nasional.

Sebanyak 9 tim masyarakat Batang, mulai dari siswa-siswi SMA/SMK hingga umum memaparkan inovasinya di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang Batang. Beberapa contoh inovasi yang mengikuti perlombaan ini seperti injektor biogas, inovasi mesin bubut kombinasi, perlysan permen anti insomnia, sistem informasi perlombaan Symaco, teh artisan nawalatea, mesin insenerasi (pembakaran sampah), rancang bangun solar dehydrator (pengering), oesedo tea (teh celup herbal), batako serbuk kayu eco-architecture.

Ditetapkan sebagai juara 1 Krenova Batang adalah Injektor gas, juara 2 Nawalatea, Juara 3 mesin insenerasi, dan Juara 4 mesin bubut kombinasi. Salah satu juri Krenova Batang 2024, Ropinov mengatakan bahwa lomba semacam ini sangat bagus untuk menyaring talenta-dan mengasah daya saing kreativitas inovasi dari generasi muda. “Inovasinya keren-keren, juga semangat para peserta khususnya dari kalangan siswa SMA/SMK. Saya berharap Krenova Batang kedepannya memisahkan lomba Krenova antara peserta SMA/SMK dengan peserta umum sehingga Krenova menjadi semakin lebih baik”, tutup Ropinov.

id_IDID