Program Studi D3 Administrasi Pajak UNDIP PSDKU Batang melaksanakan program praktik kewirausahaan di BUMDES Desa Pesantren pada Mei Juni 2024. Sebelumnya Ketua BUMDES Pesantren, Barozi, mengatakan permasalahan penjualan yang dihadapi 2 unit usaha yang dimilikinya yaitu Catra Kopi dan Canggal Craft. Perlu diketahui Desa Pesantren, Kecamatan Blado, Batang, adalah salah satu desa penopang kampus UNDIP PSDKU Batang.

Ropinov Saputro, sebagai dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan, menyatakan bahwa, meskipun jumlah SKS Kewirausahaan kecil hanya 2 SKS. Namun mengingat semakin sulitnya lulusan dalam mencari kerja, kewirausahaan menjadi salah satu tumpuan luaran pendidikan di UNDIP. Sehingga lulusan harus dibekali kemampuan wirausaha sesuai dengan perkembangan digitalisasi saat ini.

Ropinov juga menyatakan kegiatan mahasiswa yang berkaitan langsung dengan mata kuliah ini juga menjadi kegiatan mahasiswa di luar kampus sesuai Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri, yang dirangkum dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. “Jadi kelas tatap muka tetap kita berikan di kampus sesuai dengan jadwal, ditambah kegiatan praktik kewirausahaan bekerja sama dengan mitra ini, sebagai pengganti tugas. Selain menjadi suplemen pendidikan agar kegiatan berkualitas, kegiatan ini juga menjadi kontribusi PSDKU UNDIP dalam menjawab permasalahan yang dihadapi masyarakat di Batang. (rpv)

 

id_IDID